Gevedu: RPP Tematik SD Kelas 3 Semester 1 Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema Menyayangi Hewan Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Kelas / Semester              :     III (Tiga) / 1
Tema 2                             :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 4                      :     Menyayangi Hewan
Pembelajaran                  :     4
Alokasi Waktu                 :     6 x 30 menit

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5.1 Menjelaskan cara merawat hewan dengan bantuan gambar seri.
2
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
4.5.1 Menceritakan kembali cara merawat hewan dari gambar seri.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.3.1 Memahami manfaat keberagaman karakteristik profesi setiap individu.
2
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
2.3.1 Mengerti sikap menghargai profesi setiap individu.
3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.3.1 Menentukan jenis profesi berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari.
4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.3.1 Menjelaskan tugas dari profesi sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dengan tepat.
2.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan kembali cara merawat hewan dengan tepat.
3.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat hewan dengan benar.
4.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan jenis profesi berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuan, dokter, nelayan dll) sebagai wujud pengamalan sila pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila” dengan benar.
5.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tugas dari profesi sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila” dengan baik.

   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.   MATERI PEMBELAJARAN
1.      Cara merawat ikan peliharaan.
2.      Menentukan jenis profesi berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menjelaskan tugas dari profesi sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari

E.        PENDEKATAN DAN METODE
1.       Pendekatan        : Saintifik
2.       Metode               :  Pengamatan, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Siswa berbaris di depan kelas.
2.      Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar siswa.
3.      Siswa berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa dan mengulang hafalan. Religius
4.      Siswa mengambil air wudhu.
5.      Siswa masuk ke dalam kelas dan mempersiapkan diri untuk shalat dhuha.
6.      Siswa shalat dhuha sebanyak dua rakaat, setelah selesai shalat siswa menambah hafalan dipimpin oleh guru.
7.      Guru mengecek kehadiran siswa.
8.      Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
9.      Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
10.  Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan.
11.  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
12.  Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang merawat hewan kelinci.
13.  Siswa menuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan.
14.  Untuk menambah kosa kata, siswa berlatih menemukan nama-nama ikan yang ada pada tabel.
30 menit
Inti
15.  Siswa mengamati 4 gambar cara merawat ikan.
16.  Siswa berdiskusi tentang tema cerita sesuai gambar.
17.  Siswa menulis cerita sesuai gambar.
18.  Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil tulisannya.
19.  Gambar menceritakan Beni yang suka memelihara ikan. Pada gambar tersebut juga nampak beberapa cara merawat ikan.
20.  Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi profesi yang ada pada gambar tersebut.
21.  Siswa menuliskan jenis profesi dan pekerjaan yang dilakukan sesuai gambar.
22.  Siswa mengidentifikasi pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan gambar.
23.  Gambar menunjukkan profesi nelayan, yang pekerjaannya menangkap ikan. Pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan gambar tersebut, bisa pedagang ikan di pasar, sopir pengantar ikan, bahkan pabrik pembuat makanan ikan kalengan.
24.  Setelah siswa mengenal profesi nelayan sebagai penangkap ikan, siswa diajak untuk bermain menjaring ikan.
150 menit
Penutup
25.  Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a. Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.Bagaimana perasaanmu saat membuat cerita dan mengenal profesi?
c. Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d. Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e. Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
26.  Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan.
27.  Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama dipimpin oleh KM. Religius
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
     1.      Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
     2.      Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

H.        PENILAIAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubahan Tingkah Laku
Mandiri
Santun
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2.    Penilaian Pengetahuan
a.    Menuliskan hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban: Sesuai jawaban siswa, namun sesuai dengan aturan merawat ikan pada umumnya
b.    Menuliskan profesi dan pekerjaan yang dilakukan
Jumlah soal: 2 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap soal: 50
Kunci Jawaban: Sesuai jawaban siswa
         3.      Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Cerita Berdasarkan Gambar



Tasikmalaya, Oktober 2018


Penyusun





Siti Putri Indriani