Gevedu: Lembar Penilaian Kemampuan Penampilan Mengajar (APKG 2)




Lembar Penilaian Kemampuan Penampilan Mengajar (APKG 2)

Karya:

Lembar Penilaian Kemampuan Penampilan Mengajar  Gevedu: Lembar Penilaian Kemampuan Penampilan Mengajar (APKG 2)


Nama                                        
Sekolah/tempat Praktik
Kelas/semester               
Mata pelajaran/tema      
Waktu/jam ke                               
Hari. tanggal                     

Petunjuk                          
:
:
:
:
:
:
:

:
a.     Beri skor pada kolom skor dengan cara mengisi sesuai dengan kriteria sebagai berikut .
   1 = Sangat Kurang                               3 = Cukup
   2 = Kurang                                           4 = Memadai
b.     Tentukan nilai pada kolom nilai dengan cara menentukan nilai = jumlah skor : 4

ASPEK / DESKRIPTOR

SKOR

NILAI

1a.  Kegiatan Pra KBM

a.     Menata ruang, alat bantu, dan sumber belajar dengan cermat

 

               

b.                     Menyapa siswa dengan salam

 

c.                     Memeriksa kehadiran siswa

 

d.                     Mengkondisikan diri sendiri dan siswa untuk siap melakukan KBM

 

   1b. Kemampuan Membuka Pelajaran 

a.     Menarik perhatian siswa

 

 

b.                     Membangkitkan  motivasi siswa untuk belajar

 

c.                     Melakukan apersepsi: membangkitkan keingintahuan dan pengetahuan awal siswa

 

d.                     Memberi acuan  materi belajar  yang akan disajikan

 

Nilai (1a + 1b) : 2

 

2.     Sikap Guru Praktikan dalam Proses Pembelajaran 

              a. Suara dapat didengar oleh seluruh siswa dengan jelas

 

 

              b. Gerakan anggota tubuh dilakukan dengan wajar, luwes, dan proporsional

 

             c. Antusiasme, penampilan  dan kinerja guru kondusif bagi siswa dalam KBM

 

              d. Mobilitas dalam kelas dilakukan dengan wajar dan efektif

 

3.      Penguasaan Bahan Pembelajaran

             a. Penyajian bahan pembelajaran sesuai dengan KD, indikator, dan sumber belajar yang ditetapkan

 

 

             b. Pembahasan, pemberian contoh, serta dampak pengiring untuk sikap/perilaku sistematis dan tepat

 

             c. Menunjukan penguasan yang luas dan mendalam terhadap  bahan pembelajaran

 

             d. Dapat  merespons  pertanyaan/mengatasi  masalah yang berasal dari siswa

 

4.     Proses Pembelajaran

             a. Strategi/metode  pembelajaran sesuai jenis dan prosedur yang ditetapkan pada silabus

 

 

            b. Penyajian bahan pembelajaran berorientasi pada aktivitas dan keragaman siswa secara menyeluruh

 

             c. Penanganan individu /kelompok siswa dilakukan dengan efektif dan menyeluruh

 

d. Alokasi waktu dalam KBM dimanfaatkan  secara efektif dan proporsional

 

5.     Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran 

              a. Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan jenis alat peraga/media

 

 

             b. Ketepatan saat memilih  dan menggunakan alat/media dalam proses KBM

 

              c. Menguasai keterampilan dalam  mengoperasikan alat/media

 

              d. Alat yang digunakan dapat meningkatkan  kualitas  proses pembelajaran

 

6.     Evaluasi

             a. Menggunakan jenis penilaian yang relevan dengan jenis yang dirancang pada silabus

 

 

              b. Menggunakan penilaian yang relevan dengan indikator yang ditetapkan

 

             c. Menggunakan penilaian yang relevan dan proporsional dengan waktu yang tersedia

 

             d. Melaksanakan prosedur penilaian relevan dengan yang direncanakan

 

7.     Kemampuan Menutup Pembelajaran

              a. Meninjau kembali dan membimbing siswa menyimpulkan hasil belajar

 

 

             b. Melakukan evaluasi  secara klasikal terhadap partisipasi siswa  dalam  KBM

 

             c. Melakukan tindak lanjut pembentukan sikap dan perilaku atau menugaskan kegiatan ko-kurikuler

 

             d. Menata kembali kerapian/ suasana kelas agar kondusif bagi KBM berikutnya

 

8.     Kualitas Tulisan di Papan Tulis

              a. Tulisan efektif, efesien, dan mudah dibaca

 

 

              b. Grafikasi tulisan rapi dan lurus (tidak naik turun)

 

              c. Iliustrasi dan gambar bermakna bagi KBM

 

              d. Cara penulisan sesuai dengan kaidah PUEBI

 

9.     Penggunaan Bahasa Indonesia/Bahasa Pengantar

              a. Ucapan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa

 

 

              b. Pembicaraan lancar  (tidak terbata-bata)

 

              c. Menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baku

 

              d. Berbahasa  dengan tata bahasa yang baik dan benar

 























ASPEK / DESKRIPTOR

SKOR

NILAI

10. Kemampuan Khusus dalam Mata Pelajaran Tertentu

(dinilai sesuai dengan alternatif mata pelajaran/tema yang dipilih /ditampilkan oleh guru praktikan)

      a.     Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia/Daerah

 

 

              a. Memberikan latihan keterampilan berbahasa

 

               

              b. Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi bacaan

 

              c. Mengembangkan kemampuan  berkomunikasi dan nalar

 

              d. Memupuk kegemaran membaca

 

      b.     Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran Matematika

 

 

             a. Berorientasi kepada pengembangan metematika dengan pendekatan realistik

 

 

             b. Menanamkan konsep matematika dalam diri siswa dengan  pendekatan manipulatif

 

              c. Menguasai dengan benar penggunaan simbol-simbol matematika

 

              d. Memberikan contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari

 

      c .    Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran IPA  

 

 

              a. Membelajarkan siswa berinteraksi dengan  benda/fenomena alam

 

 

             b. Mengembangkan keterampilan proses sains melalui pembelajaran bermakna

 

             c. Mengembangkan  kerja dan sikap ilmiah siswa sesuai tuntutan karakteristik IPA

 

             d. Mengaplikasikan  konsep sains dan sikap/perilaku dalam kehidupan sehari-hari siswa

 

      d .    Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran PKn 

 

 

              a. Mengembangkan jatidiri peserta didik

 

 

             b. Mengembangkan pola pikir peserta didik sesuai dengan tuntutan norma/nilai

 

              c. Mengembangkan pola sikap nasionalisme

 

              d. Mengembangkan pola tindakan yang sesuai dengan norma

 

      e .    Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial 

 

 

              a. Mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu

 

 

              b. Mengembangkan pemahaman konsep ruang dan waktu

 

             c. Mengembangkan pemahaman hak dan kewajiban anggota keluarga, masyarakat, negara, dan bangsa

 

             d. Mengembangkan pemahaman nilai budaya dan moral dalam masyarakat, negara, dan bangsa

 

      f .     Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran  Tematik

 

 

              a. Berorientasi pada karakteristik pembelajaran terpadu

 

 

              b. Mampu mengaktifkan siswa belajar sambil bermain

 

              c. Memfasilitasi siswa secara optimal untuk mengembangkan kecerdasan majemuk

 

              d. Mengembangkan gaya mengajar aktif selama pembelajaran

 

      g .    Kemampuan Khusus dalam Pembelajaran  SBdP

 

 

              a. Membangkitkan ide/perasaan/pikiran siswa melalui  media seni

 

 

              b. Mengembangkan rasa keindahan dan kreativitas seni siswa

 

              c. Mendemontrasikan /membimbing latihan  keterampilan dan seni siswa

 

              d. Mengelola pembelajaran dengan ragam media keterampilan/seni terpadu

 

Total Nilai (Maksimum = 40)

Nilai Akhir = Total Nilai : 10